top of page

MIN 2 Bantul Ikuti Pembinaan Sastra Nulis Cerkak Dinas Kebudayaan Bantul di Ross-In Hotel



Bantul (MIN 2 Bantul) - Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang sastra Jawa dan untuk nguri2 kabudayan Jawa, salah satu guru perwakilan MIN 2 Bantul Didik, Sutopo, S. Pd mengikuti pembinaan sastra kategori nulis cerkak (cerita cekak). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul di Ros-In hotel Selasa (24/05)


Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Dening Suwardi Endraswara dan Ardini Pangastuti. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Dinas Kebudayaan bekerjasama dengan paguyuban Sastrawan Jawa Bantul. Prof. Dening Suwardi Endraswara menjelaskan tentang teori sense of ngeng gayut karo strategi ngelas, ngelus, lan ngelis sebagai dasar untuk penulisan Cerkak SF (Science FictitionFictition). Dalam membuat Cerkak SF penulis, harus bisa memasukkan makna dan arti dalam kehidupan sehingga mampu membangkitkan semangat dan energi positif bagi pembaca, imbuhnya.


Ardi Pangastuti menambahkan membuat cerkak dapat diibaratkan seperti membuat masakan dimana selain bahan baku juga memerlukan bumbu-bumbu dan juga feeling/insting agar masakan itu menjadi enak dan sedap, demikian juda dalam menulis cerkak, penulis harus pandai menemukan ide dan mengolahnya menggunakan insting penulis agar cerkak yang ditulis menjadi menarik untuk dibaca.


Siti Fatimah, M. S. I berharap setelah kegiatan ini, guru-guru MIN 2 Bantul bisa lebih memahami tentang penulisan cerkak dan bisa mempraktekkan dan menguasai teknik penulisan cerkak agar bisa membimbing siswa menulis cerkak dengan benar dan menarik(At)

16 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page